MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK MELALUI METODE BERNYANYI KELOMPOK B DI TK ADI PERMAI

IMPROVING CHILDREN'S LANGUAGE DEVELOPMENT THROUGH SINGING METHOD IN GROUP B AT TK ADI PERMAI KENDARI

Authors

  • Putri Universitas Halu Oleo
  • Sitti Rahmaniar Abubakar Universitas Halu oleo, Indonesia
  • Ahid Hidayat Universitas Halu oleo, Indonesia

Keywords:

Metode Bernyanyi, Perkembangan Bahasa

Abstract

Kemampuan berbahasa pada anak sangat penting untuk diperhatikan sejak dini agar anak tidak mengalami keterlambatan dalam berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak melalui metode bernyanyi kelompok B di TK Adi Permai Kendari. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak kelompok B yang berjumlah 14 orang anak didik yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ditemukan bahwa aktivitas mengajar guru dari 73,33% menjadi 93,33%, Aktivitas belajar anak dari 73,33% menjadi 93,33%. Dengan demikian terjadi peningkatan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Kesimpulan penelitian adalah bahwa perkembangan bahasa anak dapat ditingkatkan dengan metode bernyanyi di Kelompok B TK Adi Permai Kelurahan Padaleu Kecamatan Kambu Kota Kendari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, Rahmaniar Sitti, mengingkatkan kemampuan membaca Al Qur’an melalui metode Iqro. Jurnal: riset golden age uho, 3(1), 62-70 http://ojs.rgap.uho.ac.id

Alamsyah, Teuku dkk. 2011. Pemilihan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Pertama Anak dalam Keluarga Masyarakat Aceh Penutur Bahasa Aceh di Nanggroe Aceh Darussalam.Jurnal Pendidikan Bahasa Melayu. 1(2). 31-44.

Anggraini, Vivi dkk. 2019. Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau pada Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini. Vol (5) 3. hh 71-82

Aprionita, Reftika. 2020. Upaya Guru dalam Mengembangkan Kemampuan dalam Berbahasa Indonesia Anak di Taman Kanak-Kanak Amanah Lubuk Beringin Desa Batu Ampar Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir Riau (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin.

Azizah, Nur & Kurniawati Yuli. 2013. Tingkat Keterampilan Berbicara di Tinjau dari Metode Bermain Peran pada Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies. 2(2). 50-57.

Chayaninati, Al Dhea Vigarani & Prystiananta, Nostalgianti Citra. 2019. Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di PAUD Al-Hidayah Sumbersari Jember. Jurnal Of Early Childhood and Inclusive Education. 3(1). 35-41

Dhafet, N. A. M. (2018). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting di Kelompok B TK Negeri Pembina Kendari. Jurnal Smart PAUD, 1(2), 91–101. https://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud/art icle/view/4675

Hasriana, Dorce Bane Pabunga, Sri Yuliani M, (2020). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Air, Jurnal Amal Pendidikan 1 (1). 83-95 https://japend.uho.ac.id/

Husra. 2021. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak melalui Kegiatan Bernyanyi di TK Negeri 1 Laompo (Skripsi). Universitas Halu Oleo.

Ningsih, Sri Yunimar & Mahyuddin, Nenny. 2022. Desain E-Module Tematik Berbasis Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 6(1). 137-149.

Ridwan & A, Awaluddin Fajar. 2019. Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Raodhatul Athful. Jurnal Kependidikan. 13(1). 56-67.

Salniati, Asmuddin, Nur Aeni Muhlisa Dhafet, (2023). Meningkatkan Kemampuan Seni Gerak dengan Metode Bernyanyi di TK Dharma Wanita Desa La Bonte Kecamatan Lasalepa Kabupate Muna, 6 (2), 176-184 http://rgap.uho.ac.id

Salwiah, A., & Asmuddin, A. (2018). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Anak Melalui Bermain Peran Pada Anak Taman Kanak-Kanak Nur-Ikhsan Bone-Bone Kota Baubau. Jurnal Gema Peniddikan, 25(4),72.

Sartika, Dika Yulia dkk. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini melalui kegiatan Bernyanyi di Paud Madani Gampong Ateuk Jawo Kecamatan Baiturahman Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru anak Usia Dini. 2(1). 40-49.

Silawati, Endah. 2012. Stimulasi Guru Pada Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 3(2). 1-16.

Wijayanti, Novita. 2018. Meningkatkan Kemampuan Bahasa melalui Metode Mendongeng pada Anak Kelompok A PAUD TK Al-Aqsho Desa Lamomea Kecamatan Konda Konawe Selatan (Skripsi). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari.

Downloads

Published

2024-04-02

Issue

Section

Articles