PENANAMAN KARAKTER PERCAYA DIRI MAHASISWA PAUD MELALUI PEMENTASAN TARI DI RUANG PUBLIK

CULTIVATION OF CONFIDENT CHARACTER IN PRESCHOOL STUDENTS THROUGH DANCE STAGES IN PUBLIC SPACES

Authors

  • Dwi Oktariani prodi seni pertunjukan untan

Keywords:

Percaya diri, Mahasiswa PAUD, Pementasan tari

Abstract

Kemampuan Percaya diri yang baik dapat meningkatkan kualitas calon guru Pendidikan Anak Usia Dini. Kegiatan menari yang diakhiri dengan pementasan dapat menanamkan karakter percaya diri pada mahasiswa secara menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif melalui data yang didapatkan dari tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa PAUD FKIP UNTAN.  Peneliti merencanakan program, mengevaluasi dan melakukan keterlibatan langsung pada saat proses penelitian dari awal hingga akhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa : perencanaan program pementasan tari di ruang publik bagi mahasiswa mampu menanamkan karakter percaya diri, mahasiswa mendapatkan pengalaman estetis menari sebagai calon guru PAUD dengan hasil pembelajaran yang memuaskan, pemberian motivasi saat proses kreatif di kelas membuat mahasiswa aktif, dengan kegiatan akhir pementasan tari di ruang publik.  Percaya diri yang dimiliki mahasiswa dapat dilihat dari hasil pementasannya di ruang publik yang tidak lagi merasa malu dan dapat mengaktualisasikan diri dengan baik. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Susanta, E. S. R. (2020). Peningkatan Kepercayaan Diri Mahasiswa dalam Pembelajaranstatistika Dasar Melalui Problem Based-Learning. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics),4(2). https://doi.org/10.31949/th.v4i2.1683

Dhafet, N. A. M. (2018). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting di Kelompok B TK Negeri Pembina Kendari. Jurnal Smart PAUD, 1(2), 91–101. https://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud/art icle/view/4675

Febriyola, F., Wuliani, L., & Greslya Puttileihalat, A. D. (2023). Perencanaan Event Pementasan Tari Tradisional Dengan Tema “We Are Awesome” Oleh Siswa-Siswi Berkebutuhan Khusus Sekolah Mandiga Untuk Meningkatkan Kesadaran Publik Tentang Sekolah Mandiga. Cakrawala Repositori IMWI, 6(1), 348–358. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i1.181

Harwina, Y. (2017). Pengaruh Keberanian Mengambil Resiko dan Kreatifitas Menghasilkan Produk terhadap Rasa Percaya Diri Mahasiswa Memulai Usaha (Studi Pada Mahasiswa Kewirausahaan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau). Jurnal Daya Saing, 3(3).

https://doi.org/10.35446/dayasaing.v3i3.119

Helaluddin dan Wijaya. (2019). Analisis Data Kualitatif. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Hidayatunnisa & Indrayuda.2023. Dampak Pelatihan Tari Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa di MTSN 1 Kota Padang. Sendratasik Vol 12.No.1.

Irmawati, A., Rasa, M., Diri, P., Didik, P., & Sarkonah. (1967). Penanaman karakter percaya diri melalui ekstrakurikuler angklung di smp negeri 7 pemalang kabupaten pemalang skripsi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., September.

Irmawati, Anggun .2016 PENANAMAN KARAKTER PERCAYA DIRI MELALUI EKSTRAKURIKULER ANGKLUNG DI SMP NEGERI 7 PEMALANG KABUPATEN PEMALANG. skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Lickona, Thomas. 2012. Mendidik Untuk Membentuk Karakter : Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan Tentang Sikap Hormat Dan Tanggung Jawab. Terjemahan Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: PT Bumi Aksara

Mariati, Pance. 2020. Penerapan Metode Simulasi Pada Matakuliah Pendidikan Seni Tari Untuk Anak Usia Dini Guna Meningkatkan Keterampilan Gerak Mahasiswa PG PAUD UNUSA. PEDAGOGI Vol 6 No 1.

Muliawan, F. H., & Winata, S. (2020). Tempat Pertunjukan Kesenian Khas Tionghoa Di Glodok. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 2(1). https://doi.org/10.24912/stupa.v2i1.6732

Oktariani, Dwi. (2023). Gambaran Tingkat Pengetahuan Guru Taman Kanak-Kanak Tentang Tari Tradisional di Kalimantan Barat. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO,Vol 6, No 3. https://rgap.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/94/40

Pertiwi, R. S., & Hartoto, S. (2016). Perbandingan Tingkat Percaya Diri Mahasiswa Yang Mengikuti Pencak Silat Dalam Kategori Laga Dan Kategori Seni (Studi Pada Ukm Pencak Silat Tapak Suci Unesa). Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 4(1).

Putri, Atika Dhara & Desyandri. 2019. Seni Tari Dalam Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 1(3)

Sarastika, Pradipta. 2014. Tampil Percaya Diri. Yogjakarta: Araska

Sutini, A. (2009). Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Mahasiswa dalam Iklim Belajar Mengajar Melalui Kreativitas Seni. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 1(1). https://doi.org/10.17509/eh.v1i1.2717

Syam, Asrullah. 2015. Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Kaderisasi Imm Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare). Jurnal Biotek Vol.5.87-102

Taylor, Ros. 2011. Kiat-kiat PEDE (Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri). Terjemahan Rosi L. Simamora. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Yahrif, M., Sirajuddin, S., & Utami, N. (2022). Meningkatkan Kepercayaan Diri Mahasiswa dalam Berbicara Bahasa Inggris melalui Kegiatan English Camp. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i1.1507

Downloads

Published

2024-03-19

Issue

Section

Articles