MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGGUNAKAN MEDIA MONTESSORI NUMBER RODS DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN WA ODE KADINGKE

IMPROVING COGNITIVE ABILITIES USING MONTESSORI NUMBER RODS MEDIA AT TK DHARMA WANITA PERSATUAN WA ODE KADINGKE

Authors

  • Asmalino Universitas Halu Oleo
  • Muamal Gadafi Universitas Halu oleo, Indonesia
  • Nurhayati Universitas Halu oleo, Indonesia

Keywords:

mengenal lambang bilangan, Montessori number rods

Abstract

Montessori number rods dapat membantu anak dalam mengenal bilangan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan khususnya berhitung dengan menggunakan media Montessori number rods. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah guru dan anak yang berjumlah 17 orang anak yang terdiri dari 6 anak perempuan dan 11 anak laki-laki. Hasil penelitian ditemukan bahwa pada siklus I hingga siklus II aktifitas mengajar guru mencapai 80% menjadi 93,33% dan aktifitas belajar anak didik mencapai presentase 64,29% menjadi 85,71%. Dan hasil belajar anak pada siklus I 64,71% dan berkembang menjadi 88,24%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif dalam mengenal bilangan dapat ditingkatkan dapat ditingkatkan melalui media Montessori number rods di TK Dharma Wanita Persatuan Wa Ode Kadingke Kabupaten Muna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia, F., & Rangkuti, D. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Bahan Alam Batu Kerikil Pada Kelompok B Di Paud Kartini TA 2021-2022. Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, Vol. 2 No. 3 103—109.

Busthomi, M. (2014). Panduan Lengkap PAUD (Melejitkan Potensi dan Kecerdasan Anak Usia Dini). Jakarta: Gramedia.

Depdiknas. 2010. Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional. 36.

Dhafet, N. A. M. Haryono, Sri Sularti Dewanti Handayani (2022). Evaluasi Program Pembelajaran Model Belajar dari Rumah Pada Taman Kanak-Kanak di Masa Pandemi. Jurnal Smart PAUD, 5(2), 66-74. https://smartpaud.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/19

Eliyawati, C. (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Fitria, Nila., Ockti Syafitri., & Rohita. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Melalui Permainan Pohon Hitung Pada Anak Usia 4-5 Tahun di BKB PAUD Harapan Bangsa. Jurnal Al-Azhar Indonesi Seri Humaniora, Vol. 4 No. 3.193-205

Gettman, D (2016). Metode Pengajaran Mentessori Tingkat Dasar Aktivitas Belajar Anak Balita. Yogyakarta: Pustaka Belajar. 3

Gettman, D (2016). Metode Pengajaran Mentessori Tingkat Dasar Aktivitas Belajar Anak Balita. Yogyakarta: Pustaka Belajar. 777

Hasriana, Dorce Bane Pabunga, Sri Yuliani M, (2020). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Air, Jurnal Amal Pendidikan 1 (1). 83-95 https://japend.uho.ac.id/

Khadijah, (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Mulya Sarana.

Masitoh., Heny Djoehaeni., & Ocih Setiasih. (2015). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Paramita, D. (2017). Jatuh Hati Pada Montessori. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Permendiknas No.58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Putri, A. Y., & Dewi, S. (2020). Stimulasi Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia Dini Melalui Permainan Matematika Montessori . Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 488-498.

Ramaini, R. (2012). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Tabung Pintar Di Tk Negeri Pembina Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(3).

Roostin E, (2021). Analisis Kemampuan Konsep Bilangan Anak Usia 3-4 Tahun dengan Media Montessori Number Rodsii. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 801-808.

Sudaryanti (2006). Pengenalan Matematika Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Susanto, Ahmad. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Perdana. 48

Susanto, Ahmad. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Perdana. 57

Suyanto (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. (Bab 1 pasal 1 ayat 1 dan Bab II Pasal 3).

Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Anak Usia Dini.

Downloads

Published

2024-04-02

Issue

Section

Articles