METODE REINFORCEMENT SEBAGAI UPAYA PENANGANAN PERILAKU AGRESIF ANAK DI TKA AL FATHONAH TASIKMALAYA

REINFORCEMENT METHOD AS AN EFFORT TO HANDLE CHILDREN'S AGGRESSIVE BEHAVIOR AT AL FATHONAH TASIKMALAYA KINDERGARTEN

Authors

  • Yulia Laila Sari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Edi Hendri Mulyana Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Qonita Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Keywords:

Agresif, Anak Usia Dini, Reinforcement

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena terdapat fenomena perilaku agresif pada anak di TKA Al Fathonah Tasikmalaya. Maka dari itu, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui metode apa yang dilakukan guru sebagai upaya penanganan perilaku agresif anak. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya adalah anak dengan perilaku agresif yang berjumlah 1 orang, yang dilaksanakan pada tanggal 8-9 Desember 2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Observasi difokuskan ketika kegiatan perilaku di dalam kelas dengan mengidentifikasi penyebab, bentuk perilaku, dan dampak perilaku agresif. Hasil penelitian menunjukkan bentuk-bentuk perilaku agresif yang sering dilakukan anak yaitu perilaku agresif fisik/nonverbal seperti mendorong, memukul, mencubit, dan menggigit. Penyebab timbulnya perilaku agresif karena terdapat model dan pengaruh dari lingkungan subjek. Dampak dari perilaku agresif yang dilakukan yaitu subjek mendapatkan kepuasan pribadi dan perhatian karena telah menyakiti orang lain. Upaya yang dilakukan guru yaitu memberikan dukungan dengan memotivasi dan memberi pengertian kepada R bahwa menyakiti diri sendiri dan orang lain itu bukan perilaku yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, F., & Mualifah, A. (2021). Faktor-Faktor Penyebab Agresivitas Pada Anak Usia Dini di “X” Islamic Preschool Yogyakarta. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 33-44.

Anggraini, A., Arifin, A. A., Alhaddad, B., & Puspita, R. (2022). Kecenderungan Perilaku Agresif Anak Pada Ibu Bekerja Dan Tidak Bekerja. Jurnal Basicedu, 6(3), 4163–4172. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i3.2758

Erawati, E. (2018). Meningkatkan Kedisiplinan Anak melalui Penggunaan Reinforcement secara Variatif pada Anak Kelompok B1 Taman Kanak-kanak Negeri Pembina. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 91-98.

Husna, I., & Marlina, M. (2024). Efektivitas Positive Reinforcement untuk Mengurangi Perilaku Mengganggu bagi Anak Lamban Belajar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 761-770.

Kunthi, O, & Wibhisono, R. (N.D.). (2017) Identifikasi Perilaku Agresif Anak Dengan Gangguan Emosi Dan Perilaku Kelas V Sd Pada Pembelajaran Dalam Kelas Di Sekolah Luar Biasa Prayuwana Yogyakarta Identification of Aggressive Behavior of Children with Emotional and Behavior Disorders in Fifth Grade at Prayuwana Special School Yogyakarta.

Kurniasih, R. (2021). Penerapan Metode Reinforcement Oleh Guru Dalam Menangani Perilaku Agresif Anak Di Paud Ceria Kubu Raya. 3(1).

Masruroh, S., & Dewi, N. F. K. (2020). Penerapan Reinforcement Dalam Mendisiplinkan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Kinasih Kecamatan Pinang Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 55-66.

Mastuinda, M., & Suryana, D. (2021). Perilaku Agresif Anak Usia Dini. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 4(2), 121.

Mustika, H. (2020). Strategi Guru Dalam Menangani Perilaku Agresif Anak Usia Dini Di Tk It Mon Kuta Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).

Nafisah, I. L., & Basuki, D. D. (2023). Peran Pola Asuh Orang Tua Untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial Pada Anak Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 272–282. Https://Doi.Org/10.54069/Attadrib.V6i2.545

Nur, A., Maharani, N., Lungid, C., Dewi, E. R., Usia, A., Jurusan, D. /, Dasar, P., & Tarbiyah, I. (2023). Dampak Menonton Serial Kartun Kesukaan Terhadap Perilaku Anak. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 12, Issue 1).

Putri, O. M. (2019). Pengaruh Pemberian Reinforcement Positive Terhadap Peningkatan Kemandirian Anak (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Shobiroh, H., & Yusri Bactiar, M. (2019). Pengaruh Menonton Film Kartun Action Terhadap Perilaku Agresif Anak Usia Dini 5-6 Tahun (The Effect of Watching Cartoons Action on Aggressive Behavior of Children 5-6 Years). Atfaluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 1–2. Https://Doi.Org/10.32505/Atfaluna.V2i1.Xxx

Syahputra, D., Indah Fadhila Harahap, R., Sahira Saragih, M., Ramadhan, W., Putra Dinata Saragi, M., & Arrumaisyah Daulay, A. (N.D.). Peran Orang Tua Dalam Mengurangi Perilaku Agresif Anak. Http://Jiip.Stkipyapisdompu.Ac.Id

Utami, N., & Mayar, F. (N.D.). Kajian Literatur Perilaku Agresi Pada Anak Usia Dini.

Widhiantoro, A. (2024). Penerapan Reinforcement terhadap Motivasi Belajar Muatan Pembelajaran IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar Negeri I Tunggur Tahun Pelajaran 2022/2024-1952000109 (Doctoral Dissertation, Universitas Veteran Bangun Nusantara).

Downloads

Published

2024-04-05

Issue

Section

Articles