MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN BOLA ANGKA PADA ANAK USIA DINI

IMPROVING COGNITIVE ABILITY THROUGH NUMBER BALL GAMES IN EARLY CHILDHOOD

Authors

  • Novita Sari Universitas Halu Oleo
  • Sri Yuliani M Universitas Halu oleo, Indonesia
  • Nur Aeni Muhlisa Dhafet Universitas Halu oleo, Indonesia

Keywords:

kemampuan kognitif, permainan bola angka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui permainan bola angka di kelompok A PAUD Kuncup Harapan Buton Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di kelompok A PAUD Kuncup Harapan Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 8 orang anak perempuan dan 7 orang anak laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahapan- tahapan dalam mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan studi dokumen dan teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) aktivitas mengajar guru dari 66,67% menjadi 93,33%, (2) aktivitas belajar anak dari 73,33% menjadi 93,33%, (3) hasil belajar anak dari 66,67% menjadi 93,33%. Dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak dapat ditingkatkan melalui permainan bola angka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. (2010). Prosedur Penyusunan Laporan Hasil dan Artikel Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Cipta Media.

Arisanti, S. & Kusumaningtyas, L. E. (2017). Peningkatan Kemampuan Kognitif Awal Anak Melalui Permainan Bola Angka Pada Anak Kelompok A Usia 4-5 Tahun. Jurnal Audi, 2(2), 98-102.

Ernawati, S. H. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak TK dalam Materi Konsep Bilangan Melalui Model Make A Match. Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan, 5(4).

Fadlillah , M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Febrina, F (2013). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Membilang melalui Permainan Bola-Bola Angka di Kelompok B TK Ummahat DDI. Bungamputi, 2(5).

Hasriana, Pabunga, D., B. & Mustar, S., Y. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Air. Jurnal Amal Pendidikan. 1(1), 83-95

Intan, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Media Permainan Kotak Sortasi Di Tk Yaa Bunayya Hidayatullah. Skripsi. Kendari: Universitas Haluoleo

Iskandar. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Selatan: Referensi (GP Press Group)

Karim & Wifroh. (2014). Peningkatan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Edukatif. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo. 1(2).

Khadijah. (2016). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Morrison, S. G. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Indeks.

Mufarizuddin. (2017). Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika Anak melalui Bermain Kartu Angka Kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi Pendidikan Anak Usia Dini. 1(1):62-71.

Nirmala, A.T. dkk. (2003). Kamus Bahasa Indonesia. Surabaya: Penerbit Prima Media.

Noor, F. A (2018). Perkembangan Kognitif Anak Raudlatul Athfal (RA). SELING: Jurnal Pendidikan Program Studi PGRA, 4(2), 169-180.

Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan “Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82-90.

Permendikbud No. 137 Tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Purwanti, V . (2013). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Balok Angka Pada Anak Kelompok B Di TK Universal Ananda Kecamatan Patebon Kedal. Skripsi. Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Safitri, A, Arvyaty, & Salim. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung melalui Permainan Bola Angka. Jurnal: Riset Golden Age PAUD UHO. 4(2), 196.

Sanjaya, Wina (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Budi Utama

Santi. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT Macanan Jaya Cemerlang.

Soetjiningsi, C.H.H. (2012). Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai Dengan Kanak-Kanak Akhir. Jakarta : Prenada

Sujiono, Y. N. Zainal, O. R., Rosmala, R., & Tampiomas, E. L. (2013). Hakikat Pengembangan Kognitif Metod Pengembangan Kognitif ,1-35.

Susanto, A. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Prenadiamedia Group.

Suyadi, (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia.

Syafitri, Ockti dkk. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan 1-10 Melalui Permainan Pohon Hitung Pada Anak Usia 4-5 Tahun di BKB PAUD Harapan Bangsa. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora.4(3).

Syamsidah. (2019). 45 Permainan Matematika. Jakarta : CV Budi Utama

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wiyani & Barnawi. (2012). Format Paud. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media. Hal: 5

Yamin, Martinis & Sanau, J., S. (2010). Pandaan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: SP Press.

Yuliani M, S., Salwiah, Hidayah, A. N., Pabunga, D. B., Nurhayati, Aisyah, & Asmudin. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Mendukung Kegiatan Home Visit Bagi Guru TK. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 100–105. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v3i2.6

Yono, Y. S., M, S. Y., & Nurhayati, N. (2021). Pemanfaatan Media Kartu Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Amal Pendidikan, 2(1), 55. https://doi.org/10.36709/japend.v2i1.17865.

Downloads

Published

2024-04-02

Issue

Section

Articles