MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEWARNAI DI KELOMPOK B TK PGRI DESA OEMPU KECAMATAN TONGKUNO KEBUPATEN MUNA

IMPROVING FINE MOTOR SKILLS THROUGH COLORING ACTIVITIES IN GROUP B TK PGRI OEMPU VILLAGE TONGKUNO DISTRICT MUNA

Authors

  • Nurul Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Muamal Gadafi Universitas Halu oleo, Indonesia
  • Nurhayati Universitas Halu Oleo, Indonesia

Keywords:

kemampuan motorik halus, kegiatan mewarnai

Abstract

Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mewarnai di kelompok B TK PGRI Desa Oempu, Kec. Tongkuno, Kab. Muna. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru dan anak didik pada kelompok B TK PGRI Desa Oempu Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 7 anak laki dan 8 anak perempuan. Berdasarkan Hasil analisis dari hasil penelitian data aktivitas mengajar guru dari pelaksanaan siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan dari 84,61% menjadi 100% dan pada aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan dari 57,14% menjadi 92,85%. Hasil evaluasi belajar anak berupa kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan mewarnai menunjukkan adanya peningkatan dari sebelum tindakan sebesar 33.33% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 66,7%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 93,3%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nurul, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Jurusan PAUD FKIP Universitas Halu Oleo

Muamal Gadafi, Universitas Halu oleo, Indonesia

Jurusan PAUD FKIP Universitas Halu Oleo

Nurhayati, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Jurusan PAUD FKIP Universitas Halu Oleo

References

Cahlia, D. P. A., & Mustar, S. Y. (2019). Meningkatkan Kreativitas Mencetak Menggunakan Bahan Dasar Bubur Kertas. Jurnal Riset Golden Age, 2(2), 177–186. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=Iwbb2YgAAAAJ&citation_for_view=Iwbb2YgAAAAJ:qjMakFHDy7sC.

Cahyaningrum, B. A. (2018). Meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan montase di kelompok b3 tk kencana putra pengasih kulon progo. Journal Students UNY, 1–7. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ah.

Dhafet, N. A. M. (2018). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting di Kelompok B TK Negeri Pembina Kendari. Jurnal Smart PAUD, 1(2), 91–101. https://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud/article/view/4675.

Hartina, W. ode, & Abubakar, S. R. (2019). Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Senam Irama. Jurnal Riset Golden Age, 2(1), 64–69. https://ojs.uho.ac.id/index.php/RGAP/article/view/8309.

Ningsih, A. S. (2015). Identifikasi Perkembangan Keterampilan Motorik Halus Anak dalam Berbagai Kegiatan Main di Kelompok B. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Edisi, 7(4), 1–12. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203.

Nuraini, A. R. (2019). Pelaksanaan Program Pengembangan...(Amalia Rizki Nuraini) 389. Jurnal Widia Ortodidaktika, 8(4), 389–399. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/plb/article/viewFile/16088/15567.

Purwaningsih. (2017). Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini Di Balai Pesindenan No 3 Panembahan Kraton Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 6(8), 852–861. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/sakp/article/viewFile/10310/9871.

Rohanah, S., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus melalui kegiatan Mewarnai dengan Model ATIK Pada Kelompok B di RA Manarul Huda. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1725–1736. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1725-1736.2022

Seniwati. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mewarnai Gambar Pada Kelompok B Tk PGRI 02 Padamara. Pandawa : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 1(September), 129–140. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa.

Watini, S. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110–123. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190

Zuama, S. N., & Rahmatia. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mewarnai Gambar Di Kelompok B Tk Aisyiyah Viii Kecamatan Tatanga. Jurnal Bungamputi, 5(1), 1–12. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/15588.

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles